Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)




Profil Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan · Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Pengelola Program Studi
Ketua Program Studi
Ardillah Abu, M.Pd.Sekretaris Program Studi
Firdiansyah Alhabsyi, S.Pd.I., M.Pd.Visi Keilmuan Prodi
Menjadi Penyelenggara Program Profesi Guru (PPG) yang Terdepan dalam Pengembangan Integrasi Ilmu, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang berwawasan Islam Moderat Tahun 2031.
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran PPG yang Kreatif, Berbasis pada Teknologi Digital, Berorientasi pada Integrasi ilmu, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang Berwawasan Islam Moderat.
- Melaksanakan Riset Inovatif pada bidang PPG yang berorientasi pada Pengembangan Integrasi ilmu, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang Berwawasan Islam Moderat.
- Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat pada bidang PPG yang diilhami oleh kemampuan mengintegrasikan Ilmu, Spritualitas, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang berwawasan Islam Moderat.
- Penguatan Tata Kelola PPG terintegrasi pada kelembagaan Universitas yang Humanis, Profesional, Akuntabel, Berintegritas dan Bermutu.
- Membangun Kemitraan pada bidang PPG berskala nasional dan internasional, Lulusan berdaya saing Global yang dilandasi oleh Creativity-Innovation, Collaboration, Communication, Critical Thinking dan Problem Solving berwawasan Islam Moderat.
Tujuan Keilmuan Prodi
- Menghasilkan Lulusan PPG yang memiliki kompetensi akademik, profesional, berdaya saing dan responsif terhadap perubahan Global, berakhlakul karimah, kemampuan manajerial dan enterpreneur yang berbasis pada integrasi ilmu dan Local Wisdom yang berwawasan Islam Moderat.
- Menghasilkan karya penelitian bidang PPG yang bermutu dan memiliki kemanfaatan terhadap pengembangan Integrasi ilmu, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang Berwawasan Islam Moderat.
- Menghasilkan Pengabdian kepada Masyarakat bidang PPG yang bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan berbasis integrasi Ilmu, Entrepreneurship dan Local Wisdom yang berwawasan Islam Moderat.
- Lahirnya Tata Kelola PPG terintegrasi kelembagaan Universitas yang Humanis, Profesional, Akuntabel, Berintegritas dan Bermutu.
- Memperoleh hasil yang memuaskan dari kemitraan yang luas dengan berbagai lembaga pada bidang PPG berskala Regional, Nasional dan Internasional yang dilandasi Creativity-Innovation, Collaboration, Communication, Critical Thinking dan Problem Solving berwawasan Islam Moderat.
Strategi Pencapaian
1) Strategi Pendidikan dan Pembelajaran
- Integrasi Kurikulum: Menyusun kurikulum PPG yang menggabungkan integrasi ilmu, entrepreneurship, dan local wisdom berwawasan Islam Moderat.
- Digitalisasi Pembelajaran: Memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran, seperti LMS, e-learning, dan platform kolaboratif.
- Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Menekankan kemampuan akademik, profesional, manajerial, dan entrepreneurial melalui proyek berbasis kompetensi dan studi kasus.
- Monitoring dan Evaluasi: Menetapkan sistem evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan responsivitas terhadap perkembangan global.
2) Strategi Penelitian
- Riset Inovatif: Mengembangkan penelitian yang fokus pada integrasi ilmu, entrepreneurship, dan local wisdom.
- Publikasi Berkualitas: Mendorong dosen dan mahasiswa mempublikasikan hasil riset di jurnal nasional dan internasional bereputasi.
- Kolaborasi Penelitian: Menggandeng lembaga penelitian, industri, dan komunitas untuk memperkuat relevansi dan dampak penelitian.
3) Strategi Pengabdian kepada Masyarakat
- Program Berbasis Kebutuhan Masyarakat: Mengembangkan program pengabdian yang fokus pada pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan, dan penerapan local wisdom.
- Integrasi Spiritualitas dan Entrepreneurship: Memasukkan nilai spiritual dan keterampilan wirausaha dalam program pengabdian.
- Evaluasi Dampak: Menetapkan indikator keberhasilan pengabdian untuk menilai manfaat jangka pendek dan panjang bagi masyarakat.
4) Strategi Tata Kelola dan Kelembagaan
- Peningkatan Profesionalisme SDM: Pelatihan dan pengembangan staf serta dosen untuk meningkatkan kemampuan manajerial, integritas, dan profesionalisme.
- Sistem Manajemen Terintegrasi: Implementasi SOP, akuntabilitas, dan monitoring kinerja berbasis TI.
- Audit dan Evaluasi Berkala: Audit internal dan eksternal untuk memastikan kualitas dan kepatuhan terhadap standar universitas.
5) Strategi Kemitraan dan Jejaring
- Kemitraan Nasional dan Internasional: Kerja sama dengan perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan industri dalam bidang PPG.
- Program Pertukaran dan Magang: Kesempatan pertukaran mahasiswa/dosen serta magang untuk meningkatkan kompetensi global.
- Penguatan Soft Skills Mahasiswa (5C): Kreativitas, inovasi, kolaborasi, komunikasi, critical thinking, dan problem solving berwawasan Islam Moderat.
6) Strategi Monitoring & Evaluasi
- Indikator Kinerja: Menentukan indikator pencapaian untuk setiap misi dan tujuan.
- Pelaporan Berkala: Laporan triwulanan dan tahunan untuk mengevaluasi kemajuan strategi.
- Perbaikan Berkelanjutan: Program perbaikan dan inovasi berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.
Capaian Lulusan
- Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik dan calon pendidik madrasah dan PAI yang mempesona-menarik, dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, berkepribadian tawassuth, tawaazun, dan tasaamuh, samapta, disertai keikhlasan, kesepenuhhatian, dan kemurahhatian.
- Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar berkategori advance materials terkait Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, guru PAI, Bahasa Arab, guru kelas MI, guru kelas RA; mampu menjelaskan aspek “apa”, “mengapa”, “bagaimana”, dan “untuk apa”.
- Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran pada kategori berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif) yang berorientasi kebutuhan masa depan (adaptif dan fleksibel).
- Mampu merancang pembelajaran dengan prinsip TPACK (technological, pedagogical, and content knowledge) dan pendekatan relevan lainnya.
- Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna, dan inspiratif dengan TIK serta literasi baru (literasi digital, big data, dan humanis) untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik melalui model dan sumber belajar yang valid berbasis riset.
- Mampu menilai dan mengevaluasi input, proses, dan output pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan asesmen otentik; serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan.
- Mampu mengembangkan keprofesian sebagai guru/calon guru profesional dan berkepribadian muslim secara berkelanjutan melalui pengembangan diri, penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, publikasi, dan karya inovasi.
Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan — Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Universitas Islam Negeri Datokarama Palu berawal dari pembentukan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palu berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 11 Tahun 1997 tanggal 21 Maret 1997. Pada 30 Juli 2013 berubah status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melalui Peraturan Presiden RI No. 51 Tahun 2013, dan selanjutnya bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri Datokarama Palu pada 08 Juli 2021 melalui Peraturan Presiden RI No. 61 Tahun 2021.
Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), FTIK UIN Datokarama Palu mulai operasional pada Januari 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 52 Tahun 2021. Program ini beroperasi pada tahun akademik 2020/2021 dan bertujuan mencetak guru profesional yang berintegritas dan berakhlaq mulia.
SK Izin Penyelenggaraan PPG
SK Akreditasi Pertama
SK Akreditasi Sementara
Sertifikat Akreditasi Baik Sekali
Program Studi mengelola jurnal ilmiah sebagai wadah publikasi penelitian dan artikel pendidikan profesi guru.
Jumlah Mahasiswa PPG & Lulusan
Tahun | Total Peserta | Lulus |
---|---|---|
2020 | 32 | 31 |
2021 | 366 | 354 |
2022 | 606 | 590 |
2023 | 495 | 477 |
2024 | 514 | 512 |
2025 | 1197 | 1191 |
🎥 Arahan Pengisian Lapor Diri & Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
Video 1 – Arahan Lapor Diri & RPL
Video 2 – Arahan Lapor Diri & RPL
Video 3 – Arahan Lapor Diri & RPL
Video 4 – Arahan Lapor Diri & RPL
✅ Langkah Setelah Lapor Diri & Upload RPL
Setelah menyelesaikan lapor diri dan unggah dokumen RPL, lakukan langkah berikut:
- Login ke LMS PPG → Masuk ke LMS
- Perbarui Data Diri di LMS sesuai ketentuan LPTK.
- Format Nama Wajib:
- HURUF KAPITAL SEMUA
- TANPA GELAR
- Sesuai nama di ijazah
- Cek ulang Nomor Induk Kependudukan (NIK), NIP/NPK, tempat & tanggal lahir (HARUS SESUAI IJAZAH) dan alamat.
Jika mengalami kendala, hubungi admin akademik PPG atau pengelola prodi untuk bantuan.
📞 Hubungi Admin Akademik PPG
Jika mengalami kendala, silakan hubungi salah satu kontak berikut:
Zelviana
Addy Setiady
Ahmad Hasan
Sitti Fatimah S.
Arief Pratomo
📌 Panduan Penting
Simak penggunaan LMS PPG Transformasi+ 2025. Pastikan menonton panduan resmi sebelum pengisian.
Panduan LMS PPG Transformasi+ 2025
🚀 Masuk ke LMS
USER/NOMOR AKUN: Nomor Akun SIAGA (Guru PAI) / NPK (Guru Madrasah)
PASSWORD: Nomor Akun SIAGA (Guru PAI) / NPK (Guru Madrasah)
Contoh Login:
USER/NOMOR AKUN: 123456789
PASSWORD: 123456789
Catatan: Password BUKAN menggunakan Password SIAGA atau EMIS.
ppg_lptk_uindak_palu Grup Alumni Seluruh Batch PPG LPTK UIN Datokarama Palu PPG LPTK UIN Datokarama Palu Saluran WhatsApp Channel Telegram