SEMINAR NASIONAL DAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN IV Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Piaud) Indonesia Tahun 2024

Jurusan PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama Palu mengikuti Seminar Nasional dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) IV Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD)  yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Mei 2024 di Hotel Arya Duta Makassar, Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dosen dari berbagai Prodi PIAUD Perguruan Tinggi Islam Se Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Hikmatur Rahmah Lc, M. Ed,  selaku ketua Jurusan dan Hildawati, M. Pd.I, selaku dosen Jurusan PIAUD. UIN Alauddin Makassar sebagai Tuan Rumah dan Pelaksana kegiatan memandu rangkaian kegiatan yang dimulai dengan Visiting Lecturer dan Studium Generale yang bertempat di Gedung PPG UIN Alauddin Makassar dan dihadiri oleh Dekan, para dosen, guru RA/TK serta undangan lainnya. Agenda Visiting Lecturer diisi oleh Hikmatur Rahmah yang menyampaikan materi Mata Kuliah Parenting Anak Usia Dini dan Hildawati menyampaikan materi Mata Kuliah Asesmen Anak Usia Dini.

Selanjutnya, acara pembukaan sekaligus Gala Dinner dilaksanakan di Kediaman Wali Kota Makassar Bapak Danny Pamanto dan Ibu Indira Jusuf Usmail yang begitu hangat, meriah dan menyenangkan dengan varian makanan khas kota makssar yang beragam dan enak menjadikan semua tamu merasa puas menikmati suasana Gala Dinner.

Kegiatan RAT dilanjutkan dengan Seminar Nasional, Mengusung Tema “ INDONESIA HEBAT, Meninjau Ulang Peta Jalan Pembangunan Anak Usia Dini” yang menghadirkan Rektor UIN Alauddiin Makassar Prof Hamdan Juhannis, Prof. Dr Sigit Purnama, M. Pd selaku Kaprodi PIAUD UIN Sunan Kalijaga, Dr. Nur Hamzah, M. Pd sebagai Ketua Umum PPIAUD, Direktur Diktis Kemenag Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag sebagai pemateri. Kegiatan yang tak kalah penting adalah penandatangan MoU antar Prodi PIAUD Se Indonesia, Launching buku terbitan PPIAUD termasuk Dosen PIAUD UIN Datokarama Palu Ibu Hikmatur Rahmah Lc, M. Ed sebagai salah satu Penulis Buku Perkembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini. Rangkaian terakhir dari kegiatan ini adalah kegiatan PKM ke beberapa sekolah TK yang ada di Makassar. Sambutan dari pihak dinas Pendidikan, kepala TK, serta Pemerintah setempat cukup antusias atas kehadiran para dosen PIAUD se Indonesia. Dengan keikut sertaan jurusan piaud uin datokarama palu dalam rangkaian kegiatan asosiasi ppiaud Indonesia diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan kapasitas dan kualitas jurusan menjadi jurusan yang unggul di masa akan datang. *Hikmah

Kampus1000Mimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *