WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH: Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi Skripsi

Pada Sabtu, 25 Mei 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) sukses menggelar Workshop Karya Tulis Ilmiah bertema “Melalui Karya Tulis Ilmiah Menjadikan Mahasiswa Sigap dalam Menyelesaikan Langkah Awal Menuju Skripsi”. Acara ini dipimpin oleh Moh. Rifki Abdillah sebagai Ketua Panitia dan Ummul Hasanah sebagai Ketua HMPS PAI.
Acara dibuka dengan sambutan dari Jumri Hi. Tahang Basire, S.Ag., M.Ag., Ketua Jurusan/Prodi PAI, yang sekaligus mewakili Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain yang bertepatan. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan PAI menyampaikan permohonan maaf dari Dekan FTIK yang tidak dapat hadir karena sedang mewakili Rektor di acara lain.
“Ini adalah momen yang tepat untuk membantu mahasiswa semester 6 ke atas memahami dan menguasai penulisan karya tulis ilmiah atau skripsi,” ujar Jumri Hi. Tahang Basire. Beliau juga menambahkan bahwa workshop ini dihadiri oleh 75 peserta dari berbagai komisariat PAI dan program studi lain di lingkungan FTIK UIN DK.
Jumri Hi. Tahang Basire menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan dan motivasi dalam penulisan karya tulis ilmiah. “Kegiatan ini merupakan momentum yang tepat bagi mahasiswa untuk mengetahui lebih jauh tata cara menulis karya tulis ilmiah. Mahasiswa juga akan dimotivasi mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah,” ujarnya.
Workshop ini dipandu oleh Dr. Muhammad Djamil M. Nur, S.Pd., M.PFis., seorang pakar dalam bidang karya tulis ilmiah. Beliau diharapkan dapat memberikan pencerahan dan motivasi kepada para peserta.
Ketua Jurusan PAI berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mahasiswa. “Semoga workshop ini dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah dan skripsi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” kata Jumri Hi. Tahang Basire saat menutup sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah.
Diharapkan, workshop ini dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keterampilan menulis karya tulis ilmiah, sebagai langkah awal yang penting dalam menyelesaikan skripsi. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mendapatkan panduan langsung dari para ahli dan meningkatkan motivasi mereka dalam menempuh tugas akhir perkuliahan.

#Kampus1000Mimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *