Program Studi Pendidikan Profesi Guru
Ketua Program StudiĀ : Ardilla Abu, M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Firdiansyah Alhabsyi, S.Pd.I., M.Pd.
Visi Keilmuan Prodi :
Mewujudkan guru profesional yang unggul dalam kajian Islam moderat berbasis integrasi ilmu, spiritualitas, dan kearifan lokal, guna mendukung terciptanya pendidikan yang berkarakter, inovatif, dan kontekstual
Misi Keilmuan Prodi :
- Menyediakan program pendidikan profesi guru yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dan keilmuan Islam, sesuai dengan pendekatan inter/multidisipliner yang mencakup aspek akademik dan spiritual
- Membekali calon guru dengan kompetensi untuk mengajarkan kajian Islam moderat melalui metode pengajaran yang interaktif dan berbasis penelitian, guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan toleran.
- Menyelenggarakan program pendidikan yang menekankan pada penguatan karakter calon guru melalui penerapan nilai-nilai Islam, seni, budaya, dan kearifan lokal dalam proses belajar mengajar.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan yang berfokus pada integrasi keilmuan Islam dan kearifan lokal, dengan tujuan untuk menghasilkan temuan-temuan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan masyarakat muslim.
- Melaksanakan program pengabdian masyarakat yang melibatkan calon guru dalam berbagai kegiatan sosial dan bimbingan spiritual, guna meningkatkan kepedulian sosial dan pemahaman spiritual mereka dalam menjalankan tugas profesionalnya.
Tujuan Keilmuan Prodi :
- Mencetak guru profesional yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, dan kematangan profesional, serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam moderat dalam proses pembelajaran.
- Mempersiapkan guru yang mampu menerapkan pendekatan inter/multidisipliner dalam pengajaran, sehingga dapat mengembangkan kajian Islam moderat yang relevan dengan kebutuhan zaman dan masyarakat.
- Membentuk guru yang memiliki pemahaman dan penghargaan terhadap seni, budaya, dan kearifan lokal, serta mampu mengintegrasikannya dalam pengajaran untuk membangun karakter peserta didik yang unggul dan berkearifan lokal.
- Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian yang berfokus pada pengembangan keilmuan Islam dan pemberdayaan masyarakat muslim, serta menerapkan hasil penelitian tersebut dalam pembelajaran
- Melibatkan guru dalam program pengabdian masyarakat dan bimbingan spiritual yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan potensi insani yang unggul dengan berkearifan lokal.
- Membangun jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan, penelitian, dan masyarakat baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, untuk memperkuat sinergi dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat berbasis Islam moderat.
Strategi Pencapaian Keilmuan Prodi :
Strategi Pencapaian | Baseline | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | 2026 |
---|---|---|---|---|---|---|
Penyelenggaraan Proses pendidikan profesi guru yang memiliki kematangan profesional, mencakup kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, dan berkeadilan lokal serta mampu mengintegrasikan Ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam moderat dalam pembelajaran. | 80% | 80% | 85% | 90% | 95% | 100% |
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang mengintegrasikan Ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam moderat. | 70% | 75% | 80% | 85% | 90% | 95% |
Pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat berbasis tindakan kelas yang mengintegrasikan Ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam moderat dan berkeadilan lokal. | 70% | 75% | 80% | 85% | 90% | 95% |
Memperluas jaringan kerjasama dengan instansi atau institusi dalam negeri. | 60 | 60 | 65 | 70 | 80 | 85 |
Pembinaan Kompetensi Sosial Keagamaan bagi Mahasiswa. | 12 | 12 | 12 | 13 | 13 | 13 |
Capaian Lulusan :
- Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian.
- Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh dan berorientasi masa depan;
- Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek "apa" (konten), "mengapa" (filosofi), dan "bagaimana" (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
- Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan; mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap (karakter Indonesia) peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis dan humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
- Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran; dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.
Struktur Organisasi Tim Teknis Penyelenggara PPG Daljab
LPTK UIN Datokarama Palu
Dosen Tetap Homebase
No | NIDN | Nama Dosen | Ikatan Kerja | Gelar | Jabatan Akademik | Bidang Studi | Pendidikan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2007117502 | ARIFUDDIN M. ARIF | Dosen Tetap | Dr.,S.Ag,M.Ag | Lektor | S3 | |
2 | 2020117802 | KHAERUDDIN YUSUF | Dosen Tetap | M.Phil,S.Pd.I | Lektor | S2 | |
3 | 2021107501 | NAIMA | Dosen Tetap | S.Ag,M.Pd,Dr | Lektor | S3 | |
4 | 2030106501 | RUSTAM | Dosen Tetap | M.Pd,S.Pd | Lektor | S2 | |
5 | 2023126801 | SALAHUDIN | Dosen Tetap | M.Ag,S.Ag | Lektor Kepala | S2 |
Dosen Pengelola Prodi (DPP) & Dosen Bidang Studi (DBS)
[table id=6 /]
Download
[table id=9 /]