Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Tanggal/Tahun SK Akreditasi : 13895/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2021
Peringkat Akreditasi Prodi. : Baik
Ketua Program Studi : Dr. A. Ardiansyah, S.E., M.Pd,
Sekretaris Program Studi : Anisa, S.Pd., M.Pd.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah merupakan prodi perguruan tinggi yang fokus pada persiapan calon guru untuk mengajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun tingkat Sekolah dasar (SD). MI/SD merupakan sekolah dasar di Indonesia yang mengedepankan pendekatan islam dalam proses pembelajaran
Sejarah Singkat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Pasca beralih status dari STAIN menjadi IAIN Palu pada tahun 2013, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan membuka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Program ini merupakan peralihan dari program Diploma GPAI SD dan GKMI. Selain itu, program ini juga sebagai respon dari tuntutan Undang-Undang Guru yang menghendaki kualifikasi seorang guru minimal berpendidikan Strata Satu (S.1) pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
Sebagai upaya pengembangan fakultas dan respon terhadap tuntutan kualifikasi minimal untuk guru adalah sarjana (S1), maka pada Tahun Akademik 2014/2015 Program Studi PGMI resmi dibuka berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 163 Tahun 2014 tanggal 15 Januari 2014. Program Studi ini mendidik mahasiswa sebagai calon guru di tingkat pendidikan dasar, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Memasuki tahun 2017, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 4909/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 Program Studi PGMI terakreditasi C.
Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
- Visi
Unggul dalam kompetensi tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah berwawasan Islam moderat, integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal tahun 2035
- Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum yang berorientasi pada pengembangan kompetensi metodologi pembelajaran dan penanaman nilai-nilai spiritual dan kearifan lokal di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan fungsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Menjalin kerjasama, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik regional, nasional maupun internasional.
- Tujuan
- Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum yang berorientasi pada pengembangan kompetensi metodologi pembelajaran dan penanaman nilai-nilai keadaban di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Terlaksananya penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Terlaksanya pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penguatan dan fungsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
- Terjalinnya kerjasama, jejaring dan kemitraan dengan berbagai Perguruan Tinggi (PT), lembaga pemerintah, satuan pendidikan dan lembaga lainnya, baik regional, nasional maupun internasional.
